Khalifah Ali bin Abi Thalib

by 11/19/2012 05:19:00 AM 0 komentar


Khalifah Ali bin Abi Thalib

Khalifah Ali adalah khalifah yang terakhir dari Khulafaur Rasyidin. Beliau merupakan sepupu sekaligus menantu dari Rasulullah SAW. Beliau adalah salah seorang umat yang sangat setia kepada Rasulullah. Sejak kecil, sayyidina Ali telah menjadikan Rasululah sebagai teladan dalam hidupnya. Dari Rasul, sayyidina Ali belajar kejujuran dan kestiaan. Beliau juga belajar untuk menghindari adat istiadat Jahiliyah. Sehinngga Beliau mendapat julukan Sayyidina Ali Karramallhu Wajha. Yang artinya seseorang yang dimuliakan wajahnya, karena beliau tak pernah duduk terhadap berhala.

Pada hari dimana Rasulullah hijrah ke Madinah bersama Abu Bakar, Ali bermalam di rumah Rasul dan tidur di tempat yang biasa digunakan untuk tidur Rasul. Hal itu bertujuan untuk menipu kaum kafir quraisy yang berencana untuk membunuh Rasulullah Muhammad SAW. Dengan seizin Allah, taktik yang mereka susun itu pun berhasil dan Rasulullah bersama Abu Bakar dapat berhijrah ke Madinah dengan selamat.

Sayyidina Ali adalah seorang panglima perang yang hebat. Hal itu terbukti pada salah satu perang melawan musyrikin, sayyidina Ali dapat mengalahkan Amr bin Wud. Sebelumnya beliau juga telah ikut serta dalam perang badar, khandaq, uhud, dsb. Sayyidina Ali dibunuh oleh Abdurrahman bin Muljam saat mengimami sholat shubuh.


Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Post a Comment