Ada Matematika dalam Al-qur’an

by 2/22/2013 05:23:00 AM 0 komentar

Hayo.. siapa yang nggak suka matematika ???!!
Jangan salah.. asal kita tahu, al-qur’an itu ada matematikanya lho. Mau  bukti ? sekarang mari kita tengok QS Al-Anfaal Ayat 65 – 66.
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ حَرِّضِ الْمُؤْمِنِينَ عَلَى الْقِتَالِ إِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ عِشْرُونَ صَابِرُونَ يَغْلِبُوا مِائَتَيْنِ وَإِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ مِائَةٌ يَغْلِبُوا أَلْفًا مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لا يَفْقَهُونَ (٦٥) الآنَ خَفَّفَ اللَّهُ عَنْكُمْ وَعَلِمَ أَنَّ فِيكُمْ ضَعْفًا فَإِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ مِائَةٌ صَابِرَةٌ يَغْلِبُوا مِائَتَيْنِ وَإِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ أَلْفٌ يَغْلِبُوا أَلْفَيْنِ بِإِذْنِ اللَّهِ وَاللَّهُ مَعَ الصَّابِرِينَ (٦٦)

65. Hai Nabi, Kobarkanlah semangat Para mukmin untuk berperang. jika ada dua puluh orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. dan jika ada seratus orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.

66. sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. dan Allah beserta orang-orang yang sabar.

Dalam kedua ayat tersebut terdapat sebuah ilmu yang dipelajari dalam matematika, yaitu ilmu tentang perbandingan. Pada ayat 65 disebutkan bahwa dua puluh orang mukmin yang sabar akan dapat mengalahkan 200 orang kafir. Dari sini dapat kita peroleh perbandingan antara orang mukmin sabar dengan orang kafir yaitu 20 : 200, atau dapat kita sederhanakan menjadi 1:10. Namun, mungkin kita akan mengalami kesulitan jika ditanya berapa orang kafir yang dapat dikalahkan oleh 30, atau 40, atau 50 orang mukmin sabar ?? oleh karena itu Allah mempertegas pada kalimat selanjutnya dalam ayat yang sama , yaitu jika ada seratus orang yang sabar di antaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir. Dari sini dapat kita tarik perbandingan antara orang mukmin sabar dengan orang kafir, yaitu 100 : 1000. Jika disederhanakan , maka perbandingannya adalah tetap 1:10. Dan itulah yang disebut sebagai perbandingan senilai. Oleh karena itu, bila ditanya berapa orang mukmin sabar yang dapat mengalahkan 50.000 orang kafir? Tentu dengan mudah kita dapat menjawabnya.

Misal    : orang mukmin sabar    = a
              Orang kafir                  = b

a / b = 1/10
50.000 / b = 1 / 10
50.000 x 10 = 1 x b
500.000 = b
Jadi, melalui perhitungan di atas dapat kita jawab bahwa 50.000 orang mukmin yang sabar dapat mengalahkan 500.000 orang kafir.

Yang kedua adalah mengenai taksiran (estimasi). Taksiran adalah memperkirakan . Mari kita simak uraian dari QS As Shaffat ayat 147.


Dan Kami utus dia kepada seratus ribu orang atau lebih.
Jika kita cermati kalimat tersebut, ada sesuatu yang ganjil. Kenapa seratus ribu atau lebih ? kenapa Allah tidak langsung mengatakan jumlahnya dengan pasti? Bukankah Allah adalah Yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu yang ghaib?. Itulah ! Allah mengajarkan kita ilmu matematika dalam Al-quran ini.

Subhanallah! Allah memang Mahasempurna. Dia menciptakan segala sesuatu pasti ada maksud dan tujuannya demi kemashlahatan manusia. Sesungguhnya semua kebenaran adalah murni berasal dari Allah dan kekeliruan adalah kekurangan dari saya.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Post a Comment