Mengapa bangkai diharamkan ???!!

by 2/16/2013 09:31:00 PM 0 komentar
Bangkai adalah binatang yang mati dengan sendirinya, bukan karena disembelih tau memutuskan urat nadinya. Bangkai adalah sesuatu yang menjijikkan. Dari aromanya saja sudah tercium sangat busuk. Naluri manusia yang sehat pasti akan menolak untuk mengonsumsi salah satu makanan haram tersebut.

Islam adalah agama Rahmatal lil 'Alamin. Segala sesuatu yang dianjurkan atau bahkan yang diharamkan pasti mengandung hikmah. Bangkai merupakan hal pertama yang disebut dalam QS Al-Maidah ayat 3 mengenai sesuatu yang diharamkan oleh Allah. Pengharaman tersebut bukan tanpa maksud dan tujuan. Allah mengharamkan bangkai untuk dimakan manusia, berarti Allah telah memberikan kesempatan bagi makhluk lain untuk memakan bangkai tersebut sebagai eujud rahmat dari Allah SWT.

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ
“ Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.”  (QS. Al-Maidah: 3)

Menurut Penelitian, binatang yang matinya tidak wajar, tanpa lewat penyembelihan yang syar’i seperti hewan yang mati karena tercekik, dipukul, atau karena kecelakaan yang lain maka akan menyebabkan tekanan dan berpengaruh pada proses biofisis serta biokemis pada binatang tersebut. biokemis adalah peningkatan kadar Non Protein Nitrogen (NPN) dalam karkas bangkai. NPN adalah senyawa hasil metabolisme protein yang diekskresikan oleh Makhluk Hidup seperti hewan dan manusia secara kontinyu. Contohnya adalah Amonik, Asam Amino, asam urat, kreatin dan kreatinin. Peningkatan kadar NPN akan menyebabkan adanya akumulasi NPN pada konsumen yang berdampak pada proses biokimia dalam tubuh manusia dan peningkatan aktivitas mikrobiologi pada bangkai itu.

Konsumsi daging diperlukan oleh manusia untuk memeroleh protein yang diperlukan oleh tubuh. Keberadaan NPN dalam jumlah yang kecil masih bisa ditoleransi oleh sistem pencernaan manusia. Namun jika NPN dalm jumlah yang berlebih akan terakumulasi pada organ - organ penting manusia seperti hati dan ginjal. Peningkatan amoniak akan menyebabkan jumlah amoniak dalam tubuh berlebih dan mengakibatkan neuroksis. Neuroksis adalah keracunan pada sistem syaraf yang menyebabkan kinerja hati menjadi berat (enchelopathy). Sedangkan peningkatan urea atau yang disebut dengan azotemia akan berdampak pada kerusakan ginjal (endemic syndrome) yang berakibat fatal. Asam urat yang berlebih juga akan mengakibatkan kinerja ginjal menjadi berat (Gout). selain itu, naluri manusia yang sehat pasti akan menolak bagkai yang notabene menjijikkan itu. Kalau masih ada makanan yang sehat dan layak, kenapa harus memilih bangkai ??

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Post a Comment