Khalifah Abu Bakar Ash-Shidiq

by 11/18/2012 09:11:00 PM 0 komentar

Khalifah Abu Bakar Abu bakar adalah Khalifah pertama dalam catatan sejarah Khulafaur Rasyidin. Beliau adalah orang yang dermawan. Beliau rela mengeluarkan uang beribu-ribu dirham untuk membebaskan budak muslim dari siksaan pra majikannya yang kafir. Salah satu budak yang pernah dibebaskan adalah Bilal bin Rabbah. Abu Bakar adalah sahabat yang paling dekat dengan Rasulullah SAW. Beliau yang menemani Rasulullah hijrah ke Madinah. Pada masa kekhalifahannya bermunculan berbagai masalah serius yang mengganggu ketauhidan umat muslim. Diantaranya adalah para
orang yang tidak mau berzakat, munculnya nabi palsu, dan banyak orang yang murtad. Hal tersebut disebabkan karena iman – iman mereka belum lah kuat, sehingga mudah terombang – ambingkan sesuatu. Untuk mengatasi masalah tersebut, Abu bakar memerintahkan beberapa orang untuk ditangani lebih khusus. Diantaranya adalah Usamah bin Zaid yang diutus memerangi Romawi di perbatasan Syam, Khalid bin Walid memerangi orang yang murtad dan tidak mau berzakat, Ikrimah bin abu Jahal memerangi Musailamah Al Kadzab yang erupakan salah seorang nabi palsu, Abu Umayyah memerangi tentara Abhalah Al ‘Ansyi di Yaman, Kholid bin Ash ke bagian timur Syam,Said bin Harits ke Bahrain. Sebelum meninggal dunia, beliau berpesan agar penggantinya adakah Umar bin Khottob.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Post a Comment